Day 16 Ramadhan: "Idola yang Patut Kita Idolakan".
.
.
Zaman era Milenial ini, mungkin banyak bermunculan orang-orang yang tak secara sadar ataupun kita sadari, pernah terbesit untuk mengagumi mereka.
.
.
Namun, kerap kali, kita dilupakan oleh sejarah, bahwa ada orang-orang yang "Harus kita jadikan Role Model Kehidupan pada Zaman Now" karena memang mereka adalah "Orang yang Shalih, yang ilmu dan akhlaknya sesuai dengan Al-Qur'an dan hadits, yang sudah tidak diragukan lagi".
.
.
Siapakah orang-orang tersebut?
.
.
Selain para shahabiyah (wanita mulia yang merupakan sahabat Rasulullah), ada lagi orang yang patut kita idolakan yautu sahabat-sahabat Rasulullah SAW.
.
.
Beberapa Sahabat Rasulullah SAW yang patut kita idolakan karena mereka memiliki keutamaan, diantaranya mereka adalah orang yang sangat cerdas.
.
.
Dalam kajian Parenting Nabawiyah oleh Ustad Budi Ashari Lc, beliau mengatakan, ada 3 sahabat Rasulullah SAW yang sangat cerdas dan 1 orang sahabat dan Tabi'in juga. Jika mereka di tes IQ (kecerdasan), mereka ini melebihi IQ orang-orang cerdas yang pernah kita ketahui seperti Albert Einstein, Thomas Alfa Edison dll, bahkan alat tes kecerdasan tersebut mungkin bisa rusak, karena 4 Sahabat Rasul ini sangat cerdas.
.
.
4 Sahabat Rasul tersebut adalah
1. Amr bin Ash
Orang yang cerdas, yang merupakan ahli di bidang "Al-Mu'dilat (masalah-masalah rumit yang hanya bisa diselesaikan oleh orang-orang yang cerdas)". Ketika terjadi wabah "Tha'un" yang terjadi di Amwas (wilayah Palestina). Orang yang terkena wabah ini, "pagi sakit sore meninggal, sore sakit pagi meninggal". Cepat sekali wabah tersebut menyerang dan menimbulkan banyak korban, salah satunya sahabat Rasul SAW, Abu Ubaidah Al Jahroh RA.
.
Umar bin Khattab yang menjadi khalifah pada saat itu tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut, dan akhirnya beliau memanggil Amr bin Ash. Amr bin Ash, bukan seorang dokter, tapi beliau memang spesialisasi "menyelesaikan masalah rumit yang tidak bisa diselesaikan oleh orang-orang cerdas".
.
Umar kemudian mengajak diskusi beliau, mengenai jalan keluar dari masalah ini. Obat sudah tidak bisa mengobati penyakit tersebut. Setiap zaman pasti ada penyakit yang sudah tidak bisa diobati dalam kurun waktu sebentar, karena keterbatasan ilmu manusia. Beliau kemudian mengatakan kepada Umar, khalifah, saya sudah menemukan jawabannya dengan cara "mengkarantina wilayah, orang yang dari luar tidak boleh masuk ke situ dan orang yang ada di wilayah tersebut tidak boleh keluar dari sana" .
.
Penyakit tersebut luar  biasa penyebaran ya ketika kumpul-kumpul, maka saya meminta mereka untuk berpisah". Ada yang pergi ke lembah, ke gunung dan ke tempat yg lain. Yang intinya harus berpisah dan dalam waktu berapa hari, masalah tersebut selesai. Umar berkata, Amr bin Ash ini dimanapun beliau berada, beliau bisa menjadi seorang pemimpin, karena kapasitas dan kapabilitas beliau tidak cocok menjadi seorang rakyat, namun hanya cocok jadi seorang pemimpin. 
2. Muawiyah bin Abu Sufyan.
Beliau Orang cerdas. Ketika beliau lahir, orang orang arab sudah bilang, ini calon pemimpin Arab.  Ibunya kemudian marah dan bilang "celakalah anakku uji jika hanya jadi pemimpin Arab. Ibunya gak ridho kalau anaknya hanya jadi raja Arab. Dan terbukti perkataan ibunya itu betul, Allah ijabah, beliau jadi pemimpin umat manusia tidak hanya orang arab saja.
.
Beliau berhasil menjadi menteri selama 20 tahun dan menjadi seorang khalifah selama 20 tahun. Ketenangan orang orang muslimin kembali didapatkan ketika beliau menjadi pemimpin, karena selama 10 tahun sebelum beliau memimpin, umat muslim mengalami goncangan internal.
.
Beliau terkenal orang yang kuat dengan julukan "Al-Mulk (Orang yang berbuat jahat kepada dia dan dia balas dengan kebaikan)".
.
.
3. Mughiroh bin Syu'bah.
Seorang sahabat Rasul yang terkenal mempunyai kemampuan dalam menyelesaikan masalah seketika. Jika ada orang yang perlu berfikir cepat, tepat dan tidak perlu analisa, maka Mughiroh bin Syu'bah adalah orangnya. Ketika ada masalah genting yang harus diputuskan, maka Mughiroh bin Syu'bah bisa memberikan solusi dari masalah tersebut.
.
Pernah suatu ketika, Umar mengirimkan Mughiroh bin Syu'bah ke Bahrain. Kemudian pada suatu waktu, Umar menarik Mughiroh untuk pulang ke Madinah. Saat beliau pulang, orang-orang kafir mengadakan rapat dan mengatur siasat, bahwa suatu saat pasti Umar mengembalikan Mughiroh ke Bahrain.
.
Akhirnya orang orang kafir mengumpulkan uang dan terkumpul sebesar 100 ribu dirham, kemudian dibawa ke madinah. Orang yang membawa uang tersebut adalah pemimpin kaum kafir, kemudian orang tersebut menghadap khalifah Umar dan disampingnya ada Mughiroh bin Syu'bah.
.
Orang tersebut berbohong dengan mengatakan bahwa uang yang mereka kumpulkan itu adalah uang dari orang-orang muslimin dan yang ditetapkan ke dia. Kemudian Mughiroh bin Syu'bah berkata, aku mengambil uang mereka 200 ribu dirham, bukan 100 ribu dirham. Kemudian Umar mengatakan, kenapa kamu mengambil uang umat muslim? Karena saya membutuhkan uang tsb untuk keluarga. Setelah itu, pemimpin kaum kafir itu menyerah dan mengatakan kejujuran, kalau dia berbohong, sungguh Muawiyah tidak seperti yang dia bicarakan. Umar mengatakan kepada Muawiyah, kenapa kamu menjawab seperti itu. Kemudian Muawiyah menjawab, "Dia berusaha untuk menjatuhkan saya, maka saya akan hinakan dia". Akhirnya pemimpin kaum kafir meminta maaf dan mengakui kesalahannya.
.
4. Ziyad Ibnu Abihi (Tabiin).
Orang yang hadir di semua permasalahan. Setiap ada sebuah permasalahan, ditangannya pasti bisa diselesaikannya.
.
Ziyad seorang pujangga dan cerdas. Ketika Mughiroh bin Syu'bah menerima kekuasaan Basrah dari Umar bin Khattab, ia membawa Ziyad ke sana diangkat sebagai sekretarisnya.Dalam sebagian sumber disebut bahwa Umar mengirim Ziyad ke Yaman untuk menaklukkan pemberontakan di sana.
.
.
“Dan masa kejayaan dan kehancuran itu kami pergilirkan di atara manusia (agar mereka mengambil pelajaran) dan supaya Allah SWT membedakan orang-orang yang beriman (dengan orang kafir), dan kamu sebagiannya dijadikan sebagai syuhada,” (QS. Ali Imron:140).
.
.
#Ramadhanday16
#30daychallenge #Journey_Ramadhan
#30HariCeritaQuran
#30HCQ
#1441H @seramadhanipb dan @rdkugm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lahaulla Walla Quwwata Illa Billahilaliyil Adziim