Day 8 Ramadhan: "Cerita Berkesan di Masjid Al Hurriyah IPB Dramaga".
.
.
Dahulu, aku pernah bermimpi untuk bisa melihat dan bisa merasakan suasana islam di Masjid ini. Mimpi itu bermula ketika pembukaan Mentoring di SMA N 14 Palembang (Grand Opening Mentoring).
.
.
Tatkala itu, kami diputarkan sebuah video motivasi yang disampaikan oleh Kak Danang, Alumni IPB dan LDK Al Hurriyah. Beliau membuat 100 mimpi dan banyak mimpi-mimpi beliau yang terwujud, dan sejak saat itulah aku berdoa, semoga suatu saat aku bisa ke masjid Al-Hurriyah. Alhamdulillah Allah ijabah, aku lulus seleksi Beasiswa PMDSU dan Lulus seleksi sebagai mahasiswa Magister di kampus IPB, yang membuat aku bisa sering ke masjid ini.
.
.
Orang suka bilang, kalau kepanjangan IPB (Institut Pesantren Bogor) hehe. Memang betul ku akui, suasana islam kampus ini itu kayak pesantren hehe. Tapi katanya, dahulu lebih lebih suasananya lebih kayak pesantren banget. Jadi aku gak heran, kalau mahasiswa jebolan kampus ini tidak hanya cerdas akademik saja namun mereka juga dapat ilmu akhirat.
.
.
Kalau hari biasanya, kajian keislaman di Masjid ini mulai jam 6 pagi. Awalnya aku shock, karena dulu gak pernah datang kajian pukul 6 pagi. Dan disini memang harus disiplin dan on time, kalau telat dateng ya resiko, gak dapet ilmu hehe. Namun, jika suasana Ramadhan, kajiannya diganti sore hari.
.
Jika hari biasanya, masjid ini menyediakan makanan gratis untuk yang puasa senin kamis, atau hanya membayar infak 5 ribu sudah mendapatkan satu porsi makan enak+buah.
.
Jika ramadhan tiba, momen yang paling dirindukan adalah buka puasa Bersama sama, berkumpul bersama banyak mahasiswa yang menjadikan kami seperti keluarga karena senasib yaitu sama-sama menjadi anak Rantau.
.
Solat tarawih disini juga sangat hikmah yaitu dengan menikmati hafalan Qur'an di masjid ini.
.
Suasana yang paling di rindukan adalah momen 10 akhir Ramadhan. Mahasiswanya ikut Iktikaf dengan khusyu' dan menikmati momen terakhir di kampus sebelum libur lebaran idul fitri.
.
.
Ada 2 tempat yang paling aku sukai di Masjid Al-Hurriyah ini. Tempat yang pertama, di sudut masjid lantai 3 biasanya dipakai orang untuk bersender tilawah Qur'an. Tempat yang kedua yaitu di depan mading di lantai dasar sambil melihat suasana banyak adik adik mahasiswa yang belajar tahsin, menghafal Qur'an, sedang Mentoring ataupun berkumpul dengan teman-teman yang shalihah
.
.
“Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah”. (QS. Al Jin: 18)
.
.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tempat yang paling dicintai oleh Allah dalam suatu negeri adalah masjid-masjidnya dan tempat yang paling Allah benci adalah pasar-pasarnya.” (HR. Muslim)
.
.
#ramadhanday8
#30daychallenge #Journey_Ramadhan
#30HariCeritaQuran
#30HCQ
#1441H @seramadhanipb dan @rdkugm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lahaulla Walla Quwwata Illa Billahilaliyil Adziim