BEASISWA ERASMUS EROPA

Alhamdulillah, aku selalu bersyukur kepada Allah, atas setiap Takdir yang selalu diberikan kepadaku.

Ya, termasuk hari ini, aku hanya diminta menemani mba @mayarizkisari untuk hadir  sebagai perwakilan Pascasarjana FEM IPB dalam menghadiri "Project University" berbagai Universitas di Indonesia dengan Beasiswa Erasmus + (Erasmus Mundus) yang merupakan beasiswa dari Negara-Negara Uni Eropa.

Alhamdulillah, wawasanku terbuka, betapa tidak, yang hadir disini adalah para Dosen, Profesor, Alumni Erasmus dan orang-orang cerdas lainnya yang datang dengan tujuan yang sama untuk membangun kerjasama untuk kemajuan di dunia pendidikan di universitasnya masing-masing.

Pelajaran lainnya yang bisa saya petik adalah disini mereka tidak memandang tinggi jabatan mereka, tapi yang mereka ajarkan kepadaku adalah bagaimana membangun "Networking (kerjasama) antar universitas dan Project Kerjasama Pendidikan dengan Negara-negara di Eropa, baik Exchange Programe, Mahasiswa ataupun seminar riset oleh Profesor yang ada di Eropa yang hadir ke Universitas yang ada di Indonesia.

Selain itu, pelajaran lainnya adalah disini kita sama-sama saling belajar, tak memandang asal universitas ternama atau universitas yang bisa dikatakan masih dalam level bawah, tapi disini tidak memandang itu, "Semuanya Sama".

Seperti Rabb kita yang memberi pelajaran kepada kita bahwa Allah hanya akan menilai derajat kita berdasarkan "Iman dan Takwa", bukan dari apapun yang kita miliki di dunia ini dan meninggikan beberapa derajat orang yang mencari ilmu.

"Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling bertakwa diantara kamu". (QS Al-Hujurat ayat 13)

".. niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan berilmu beberapa derajat". (QS. Al Mujadalah: 11)
#Erasmus
#Eropa
#Project_programe
Menara Astra Jakarta, 28 November 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lahaulla Walla Quwwata Illa Billahilaliyil Adziim