TAFAKUR ALAM DI TAMAN WISATA HUTAN MANGROVE, ANGKE, JAKARTA

MasyaAllah Tabarakallah, salah satu kekuasaan Allah menciptakan Ekosistem Tanaman Mangrove yang memiliki banyak manfaat, seperti yang Allah jelaskan dalam QS. An-Naziat ayat 27-33.
.
“Apakah penciptaanmu yang lebih hebat ataukah langit yang telah dibangun-Nya? Dia telah meninggikan bangunannya lalu menyempurnakannya, dan Dia menjadikan malamnya (gelap gulita) dan menjadikan siangnya (terang benderang). Dan setelah itu bumi Dia hamparkan, darinya Dia pancarkan mata air dan (ditumbuhkan) tumbuhan-tumbuhannya, dan gunung-gunung. Dia pancangkan dengan teguh, (semua itu) untuk kesenanganmu dan hewan-hewan ternakmu”. (Qs. An-Nazi’at: 27-33).
.
Kawasan Hutan Mangrove adalah salah satu kawasan hutan lindung yang memiliki manfaat yang sangat besar untuk menyerap air, menyimpan kapasitas daya air serta mencegah erosi dan abrasi tanah melalui akar-akar nafas yang dimiliki oleh tumbuhan Mangrove.
.
Bagi wilayah dataran rendah yang sering banjir dan erosi, pelestarian hutan mangrove sangat bagus untuk konservasi hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar kawasan ekosistem hutan mangrove.
.
Selain fungsi utamanya yang saya sebutkan diatas, ternyata tanaman mangrove memiliki senyawa bioaktif yang berupa metabolit sekunder yang terkandung di dalam tanaman (akar, batang, daun) yang telah berhasil diidentifikasi melalui beberapa Riset Fitokimia.
.
Hasil riset tersebut, kemudian dikembangkan hingga berhasil diidentifikasi senyawa-senyawa yang memiliki khasiat sebagai antibakteri, antioksidan dan potensi yang lainnya.
.
Namun, kombinasi riset antara fitokimia dengan mikrobiologi ternyata sedang terus dikembangkan untuk mencari mikroba yang ada di tanaman mangrove yang memiliki potensi yang sama seperti inangnya (tanaman mangrove).
.
Tidak menutup kemungkinan, potensi tanaman ini dapat dijadikan sebagai sumber senyawa obat untuk mengatasi penyakit lainnya terus dikembangkan.
.
Doakan teman-teman semoga Allah masih memberikan kesempatan lanjut sekolah, semoga saya bisa menjadi ahli dalam pengembangan senyawa bioaktif untuk pengembangan riset dan teknologi ke depannya.
.
@generasibiologi
#mangrove
#explore_sumber_daya_alam
Taman Wisata Mangrove Angke, 4 November 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lahaulla Walla Quwwata Illa Billahilaliyil Adziim