"Ibu Rumah Tangga atau Ibu Karir? "
.
Banyak argumen yang saya dapatkan dari banyak orang yang berpendapat "untuk apa wanita sekolah tinggi, untuk apa wanita punya wawasan luas, toh nantinya juga ngurusin anak, dapur, suami, keluarga, dll".
.
.
"Hidup itu Pilihan"
Kata-kata itu benar adanya, setiap diri kita itu punya jalan hidupnya masing-masing. "Jika ingin hidupmu bahagia, maka jangan pernah membandingkan hidupmu dengan orang lain, karena standar bahagia setiap orang itu berbeda, yang terpenting kita bersyukur kepada Allah atas setiap nikmat yang diberikan kepada kita".
.
Saya sangat mengagumi wanita yang fokus mendedikasikan hidupnya untuk keluarga dan anaknya, meninggalkan karirnya, gelarnya. Tetapi, saya juga sangat kagum kepada seorang ibu yang membantu perekonomian keluarga, karena keadaan ekonomi lah yg menuntut beliau harus bekerja membantu ayah, agar semua kebutuhan keluarga tercukupi.
.
Saya pernah bertanya dengan salah satu ustad yang saya ikuti kajiannya di salah satu seminar, beliau merupakan ahli ekonomi islam. Saya menanyakan mengenai " Bolehkah seorang wanita bekerja setelah menikah dalam sudut pandangan Islam? ".
.
Ustad tersebut menjawab secara fikih, " Wanita jika telah menikah, maka tanggung jawab seorang ayah pindah ke tangan suaminya, wanita setelah menikah boleh diizinkan bekerja dengan syarat:
1. Diizinkan suaminya untuk bekerja (misalnya untuk membantu ekonomi keluarga)
2. Menutup aurat
3. Tetap menjaga kehormatan dirinya (izzah)
.
Saya juga menjumpai beberapa mbak dan teman saya yang memilih menjadi ibu rumah tangga, MasyaAllah semua anaknya terdidik agamanya dan pendidikan akademiknya serta kondisi keluarga sangat baik. Mempunyai anak penghafal Qur'an
.
Tetapi saya juga menjumpai seorang ustadzah saya, beliau adalah ibu karir yang telah diizinkan suaminya bekerja, beliau mempunyai anak 5, kondisi keluarganya MasyaAllah panutan juga, pendidikan agama dan akhlak nomor 1 serta pendidikan akademiknya terkondisikan, karena anaknya sering mendapatkan nilai terbaik dan sekarang telah menjadi seorang penghafal Qur'an 😊
.
Semuanya ada di tanganmu wanita, mau memilih yang mana, yg terpenting kamu harus punya tujuan untuk keluarga 😇

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lahaulla Walla Quwwata Illa Billahilaliyil Adziim